PEMBERDAYAAN EKONOMI

Selasa, 06 November 20120 komentar

oleh : Ustadz Ahmad Syaikhu
 
Salah satu faktor untuk menilai keberhasilan pembangunana ekonomi di suatu daerah adalah angka IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang terdiri dari indeks pendidikan, indeks kesehatan dan indeks daya beli.
 
Kota Bekasi tergolong memiliki indeks IPM yang tinggi di Jawa Barat bila dibanding dengan kota/kab lain yang ada di Jawa Barat (seingat saya ketiga setelah Kota Bandung dan Kota Depok). Bila dibandingkan indeks penyusun angka IPM tersebut, di Jawa Barat (termasuk di Kota Bekasi) indeks daya beli masih menjadi peringkat ketiga. Dalam rangka meningkatkan indeks daya beli tersebut dalam skala Jawa Barat, Gubernur Ahmad Heryawan telah menggulirkan dana dalam program Kredit Cinta Rakyat (KCR) sebesar 165 milyar pada tahun 2011 melalui Bank Jabar Banten (BJB). Dana sebesar itu diperuntukkan bagi UMKM dan koperasi yang ada di Jawa Barat. Sebagai salah seorang anggota DPRD Jawa Barat yang ikut serta dalam pembahasan di Panitia Khusus, tentu saja saya sangat mendukung program tersebut.
 
Jauh sebelumnya, ketika saya masih menjadi wakil ketua DPRD kota Bekasi, Alhamdulillah Allah memperkenankan saya untuk turut membidani lahirnya BPRS (Bank Perkreditan Rakyat Syariah) Patriot di Kota Bekasi. Sama halnya dengan KCR, BPRS pun lebih banyak ditujukan kepada UMKM dan Koperasi. Termasuk dana yang dikelola oleh BPRS adalah dana bergulir PPK IPM dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
 
Memang dalam perjalanannya, BPRS belum bisa berlari cepat. Hal itu disebabkan antara lain oleh ketersediaan suntikan modal yang masih jauh dari target sebagaimana diinginkan dalam perda. Dari target 35 milyar setoran modal dari Pemerintah Kota Bekasi, sampai dengan saat ini baru 11 milyar yang telah disetorkan sebagai setoran modal.

Mudah-mudahan ketercukupan modal akan bisa diwujudkan dalam beberapa tahun ke depan. Dengan penambahan modal tersebut diharapkan ekspansi pembiayaan kepada sektor UMKM dan koperasi akan lebih pesat lagi.

Program Pemerintah yang bisa diakses juga dalam pemberdayaan ekonomi kerakyatan dan koperasi adalah melalui Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir (LPDB). Beberapa koperasi di Kota Bekasi sudah menikmati kredit dari LPDB ini.

Strategi lain yang dilakukan adalah peningkatan entreprenership melalui pelatihan-pelatihan. Dalam tahun 2012, Pemerintah Provinsi Jawa Barat melaksanakan pelatihan tenaga kerja di 21 Balai Latihan Kerja (BLK) dan 9 Pelatihan Tenaga Kerja yang dikerjasamakan antara Dinas Tenaga Kerja Povinsi Jawa Barat dengan masyarakat di Jawa Barat.

Hari ini Alhamdulillah saya berkesampatan hadir pada Pelatihan Tenaga Kerja yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Jawa Barat bertempat di Balai Rakyat Kayuringin Bekasi Selatan Kota Bekasi. Pelatihan hari ini untuk 12 cabang keterampilan yaitu tata boga, pastry, pengolahan hasil pangan, menjahit, service handphone, service sepeda motor, tata rias wajah, tata rias rambut, sulam tangan, hantaran, daur ulang limbah kertas dan daur ulang limbah plastik. Pelatihan hari ini diikuti oleh 240 orang peserta.

Dalam rangka mempertemukan antara tenaga kerja ketersediaan lapangan kerja, Pemerintah Provinsi setiap tahun melakukan job fair sebanyak 4 kali dalam setahun sedangkan pemerintah kota Bekasi melakukan sebanyak 2 kali dalam setahun. 

Strategi lain yang dilakukan Pemerintah Provisi Jawa Barat adalah melakukan link and match antara dunia pendidikan dan dunia usaha. Hal itu dilakukan dengan semakin memperbanyak sekolah menengah kejuruan. Saya sempat hadir ke SMKN 2 Bekasi yang pernah mendapatkan penghargaan Green School dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Saat saya menanyakan berapa tingkat penyerapan rata-rata lulusan SMKN 2 Bekasi setiap tahunnya kepada kepala sekolah, ia menjawab bahwa 85 % lulusan diserap di dunia kerja dan 15 % melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Saya kira ini suatu keberhasilan yang perlu diapresiasi.

Semoga sinergitas program-program pemberdayaan UMKM dan koperasi ke depan akan semakin baik. Amin.

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. DPC PKS Mustikajaya - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger